One Step Closer.

Kay.

Gue hari ini akhirnya konsultasi dengan dr. Ong.
Fyi, dr. Ong ini adalah dokter kandungan yg terkenal bgt dan dicari dimana2. Jadwalnya ada full sebulan ke depan. Karena kondisi gue cito, jd gue bisa diselipin di jadwal padatnya.
Dan emg krn butuh spesialis oncology, gue emg cuma bisa konsultasi oleh dr. Ong ini (di rs bethsaidanya yah mksdnya).
Nunggunya memang lumayan lama, krn yg daftar jg lumayan byk. Dan tibalah gue bertemu lgsg oleh dr. Ong ini.
Wkt pas masuk, gue lgsg ditembak pertanyaan2 (udh ga nanya lg kondisi apa yg dialami dll2 krn Beliau udh baca berkas gue dari dr. Andriana sblmnya and gue respect bgt dgn hal ini). Jd tanpa babibu lg, dia tanya pertanyaan yg terkait dgn kondisi ini. Apakah ini, apakah itu, dll2 yg bisa menyebabkan kondisi mola ini terjadi pada diri gue (sorry, gabisa dijelaskan lebih detil yaa).
Lalu pertanyaan2 itu di awal, gue dan suami kompak jawab enggak, enggak, dan enggak. Memang dari pertaanyaan itu ga dialami oleh kami berdua.
Setelah itu gue lgsg siap2 buat usg (meskipun dokternya cowok, yg masukin usg transvaginalnya susternya yaa. Jd gaperlu takut beib). Terus dicek dan emg fasilitas usg di ruangan dr. Ong ini lebih canggih (gue sempet pake jg pas kmrn ketemu dr. Andriana, pinjem usg diruangan ini). Lalu memang bener msh ada mola di rahim gue bag. atas dan itu gabisa dikeluarkan lewat kuret doang. Dia akan disitu trs dan berkembang lg trs2an.
Udh agak panik dong akikah, apa ini.
Trs dr. Ong bilang, satu2nya pengobatan utk mengobati ini cuma satu. Kemoterapi.
Mau runtuh ga hidup lu?
Udh nahan nangis aja gue. Malu bgt ampe nangis lg di ruangan.
Tp seketika itu jg, dr. Ong menjelaskan lebih detil lagi.
Pengobatan ini memang msknya ke kemoterapi krn memang pengobatannya seperti pengobatan sakit kanker. Tapi ga separah apa yg dipikirkan. 
Pengobatan yg gue lakuin itu adalah menggunakan suntik mtx selama 1 siklus. Suntik mtx itu apa sih? Jujur aja, gue jg kurang paham. Klo di searching di google memang pengobatan ini buat penyakit kanker khususnya leukimia dll. Tp gue gamau cari tau lebih lanjut lg krn takut.
Pengobatan ini hrs gue lakukan selama satu siklus, yaitu 5 hari dan hrs dilakukan di jam yg sama. Suntikannya bakal di suntik di bagian ass (tau mksdnya kaan) gue dan dilakukannya ganti2an. Klo hari ini sebelah kanan, bsk sebelah kiri. Krn klo cuma disatu bagian doang, nanti bisa penyok (entah nih dokter becanda apa enggak;(((().
Tapi dokternya berkali2 bilang, it's okay. Pasti bisa sembuh. Setelah satu siklus, gue hrs cek darah lg dan konsultasi lg ke dr. Ong (dan ini udh cek darah ke sekian kalinya smp siku gue warnanya ungu) dan usg lg. Oh, i hope it will be done asap. I feel so exhausted. Capek bgt jujur dgn kepedihan tiada henti ini. Kira2 hrs brp siklus gue berobatnya? we never know. Ada yg bisa berkali2, ada yg dua kali cukup. Ya, minimal 2 siklus. And it's so expensive! 
Efek sampingnya ada ga? Ada. Ya seperti kemoterapi pada umumnya, pasti ada efek samping. Tapi itu kembali lg ke kondisi tubuh setiap org ya. Karena bisa jd beda.
dr. Ong udh ingatkan gue bahwa pengobatan ini kemungkinan bisa mengakibatkan kekeringan ke seluruh tubuh gue. Di sarankan untuk minum yg banyak, jaga pola makan, pake pelembab. That's it. I probably will be drink mineral water all day long. Karena klo kita bener2 kekeringan, it'll hurt us. Jd bisa bikin perih dllnya. And i don't want to be like that. Hope i can be better after all of this.
Semoga ini segera berakhir. 

0 komentar:

My Instagram